logo pt. charis bangun indonesia

Mengenal Apa Itu Ruang Mekanikal Elektrikal

Desember 6, 2021

Pernahkah anda berpikir bagaimana sistem listrik dan mekanik serta plumbing dikendalikan di sebuah gedung? Memang tidak banyak yang mengetahui tentang pengendalian sistem mekanikal elektrikal karena sistem ini hanya terbatas pada orang tertentu saja. Pengendalian listrik dan mekanik di sebuah gedung berasal dari ruang mekanikal elektrikal. Semua gedung pasti mempunyai satu ruangan yang dikhususkan untuk kontrol sistem listrik dan mekanik.

Biasanya ruang sistem ini terletak di bagian yang tidak mudah dijangkau oleh orang misalnya lantai basement. Hal ini karena ruang sistem listrik dan mekanik memang harus steril dari orang yang tidak berkepentingan. Terkesan misterius, sebenarnya apa sih yang ada di dalam ruang sistem listrik dan mekanik ini?

ruang mekanikal elektrikal

Ruang mekanikal

Ruang mekanikal adalah ruang khusus yang menjadi pusat berbagai peralatan mekanik di sebuah gedung. Peralatan mekanik ini utamanya digunakan untuk mengatur lingkungan di gedung seperti pemanas, pendingin, pompa, kipas, dan sebagainya. Jenis peralatan yang ada di ruang mekanikal bisa berbeda tergantung kebutuhan setiap gedung. 

Selain peralatan yang berhubungan dengan mekanikal gedung, sistem elektrik yang berhubungan dengan mekanik gedung juga dikendalikan dari ruangan ini. Peralatan keselamatan seperti sistem pemadam kebakaran hingga CCTV juga dikendalikan dari ruang mekanik ini. 

Desain ruang mekanikal

Desain ruang mekanikal harus mempertimbangkan penempatan peralatan mekanik sedemikian rupa sehingga masih ada tempat untuk perawatan dan perbaikan berkala. Selain itu, ruang mekanikal juga harus mempunyai sistem drainase dan ventilasi yang bagus sehingga tidak menyebabkan suhu panas berlebih yang bisa mempengaruhi fungsi peralatan. Lantai di ruang mekanik juga harus terhubung dengan drainase dan bebas dari tekanan yang bisa menyebabkan penumpukan bahan berbahaya. Pada kasus tertentu, ruang mekanik juga perlu pompa pembuangan untuk menghindari penumpukan air. 

Lokasi ruang mekanikal

Tidak kalah penting dengan desain, lokasi ruang mekanikal juga perlu diperhatikan. Hal ini karena ruang mekanik bisa saja mengeluarkan suara bising dan juga getaran. Sehingga untuk gedung perkantoran, rumah sakit, sekolah, apartemen, dan sejenisnya, lokasi ruang mekanik sebaiknya jauh dari tempat yang banyak orang. Untuk ruangan yang sensitif seperti laboratorium juga sebaiknya jauh dari ruang mekanik karena bisa menimbulkan getaran. Bila tidak ada lokasi yang terbaik, maka perlu memasang peralatan tambahan untuk meredam suara bising dan getaran. 

Fungsi ruang mekanikal

Meskipun peralatan mekanik di setiap gedung bisa berbeda, namun secara umum fungsi ruang mekanikalnya adalah sama yaitu mengendalikan peralatan mekanik. Berikut ini beberapa fungsi ruang mekanikal. 

  • Memantau gas pendingin – gas pendingin dalam jumlah banyak ternyata merupakan gas beracun. Meskipun kadar racunnya rendah, namun dalam ruangan yang penuh peralatan bisa menyebabkan kesulitan bernapas. Oleh karena itu, gas pendingin harus dikelola dengan baik. 
  • Memantau ruang pemanas – sama halnya dengan sistem pendingin, sistem pemanas juga terdapat di ruang mekanikal. Sistem pemanas atau sistem boiler ini sama berbahayanya dengan gas pendingin dan juga rawan kebocoran. 
  • Memantau instalasi gas – ruang mekanik memantau distribusi gas merata di semua ruangan dan juga untuk peralatan lain seperti pemanas dan pendingin. 
  • Sistem pompa – setiap gedung mempunyai sistem pompa yang beragam misalnya pompa jockey, pompa diesel, dan sebagainya. Pompa ini dipasang di ruang mekanik dan dikontrol sesuai dengan kebutuhan. 

Ruang elektrikal

Sekilas mirip dengan ruang mekanikal, ruang elektrikal ini menjadi tempat pengendalian instalasi listrik di sebuah gedung. Bila anda pernah berjalan di basement sebuah gedung, pasti pernah menemukan ruang elektrikal ini. Ruang elektrikal ini bersifat tertutup, artinya orang yang tidak berkepentingan tidak boleh memasuki ruangan tersebut. Bukan hanya berbahaya, namun ruang elektrikal ini juga sensitif karena menjadi pusat instalasi listrik di sebuah gedung. 

Desain ruang elektrikal

Desain ruang elektrikal ini bisa berbeda tergantung dengan ukuran gedung. Gedung yang besar pasti membutuhkan instalasi listrik yang lebih kompleks sehingga ruang kendalinya juga lebih besar. Bahkan untuk gedung yang super besar dengan sistem elektrikal yang rumit, ruang elektrikal biasanya dipecah menjadi beberapa ruangan dan tidak terpusat pada satu ruangan saja. 

Ruang elektrikal ini harus dibuat sepraktis dan sebersih mungkin. Selain itu, ruang elektrikal harus memenuhi standar ruang mekanikal elektrikal sesuai dengan lingkungan dan gedung. Ruang listrik harus mempunyai cukup tempat untuk berjalan dengan peralatan listrik dipasang di dinding. Agar pengendalian lebih mudah, ruang listrik ini juga harus dilengkapi dengan pencahayaan yang bagus. 

Fungsi ruang elektrikal

Seperti judulnya, ruang elektrikal ini mempunyai fungsi utama sebagai tempat kendali kelistrikan. Energi listrik dari sumber lokal mengalir ke ruang elektrikal melalui kabel atau kotak dengan ukuran yang berbeda-beda. Aliran listrik ini kemudian didistribusikan ke seluruh gedung melalui tombol yang bisa dimatikan dan dinyalakan. 

Tergantung dengan ukuran gedung, kotak pengaturan listrik bisa lebih dari satu. Yang mana di dalam kotak tersebut terdapat kabel dan tombol aneka warna. Penyusunan kabel dan tombol juga berbeda tergantung dengan kebijakan setiap gedung. Selain sistem listrik, ruang elektrikal ini juga menjadi ruang kendali untuk CCTV, alarm kebakaran, jaringan komputer, sistem pengeras suara, sistem telepon, sistem penangkal petir, master TV, dan sebagainya. 

Yang harus diperhatikan dari ruang mekanikal elektrikal

Sistem mekanikal elektrikal bangunan bisa berbeda antara satu gedung dan lainnya. Namun umumnya mempunyai standar keselamatan yang sama. Agar sistem mekanikal elektrikal plumbing bisa bekerja dengan baik, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan. 

  • Ruang mekanikal elektrikal bukan gudang. Menyimpan benda di ruang mekanikal adalah kesalahan besar. Ruang ini malah harus selalu bersih dari benda-benda yang tidak berhubungan dengan sistem mekanik elektrik. Gunakan ruangan lain bila ingin menyimpan barang namun tidak di ruangan elektrik mekanik.
  • Jangan simpan benda mudah terbakar. Kalaupun terpaksa harus menyimpan barang yang menunjang sistem mekanik elektrik, pastikan bila benda tersebut bukan benda mudah terbakar. Jauhkan benda yang mudah terbakar dari ruang mekanik. 
  • Ruang mekanikal elektrikal harus diperhatikan. Meski bukan ruangan yang selalu dikunjungi, namun ruang ini harus diperhatikan baik masalah kebersihan dan keselamatannya. 

Setiap gedung pasti mempunyai ruang mekanikal elektrikal sebagai pusat kendali. Tanpa ruangan ini, gedung tidak bisa berfungsi dengan baik. Karena fungsinya yang penting, ruang mekanikal ini dibuat ditempat yang tidak mudah dijangkau oleh orang banyak. Hanya mereka yang berkepentingan yang boleh masuk ke dalam ruang mekanik ini. Selain itu, ruang mekanik elektrik ini juga harus mengikuti standar yang sudah ditetapkan karena berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan. Untuk gedung yang besar, ruang mekanik elektrik bisa dibuat terpisah karena peralatan yang digunakan pun lebih banyak. Jenis peralatan yang ada di ruang mekanik ini juga bervariasi tergantung dengan kebutuhan setiap gedung. 

Baca Juga: Pentingnya Jasa Kontraktor Fire Fighting Untuk Gedung

Baca Artikel di Kategori Lainnya
Tentang Penulis
Cahyanto Waskita
Engineer, Writer
Cahyanto Waskita adalah penulis, insinyur, dan digital marketer dari PT. Charis Bangun Indonesia. Membagikan informasi mengenai Layanan Kontraktor Mekanikal Elektrikal. Menambah wawasan untuk masyarakat.

Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Lift Barang dan Penumpang

Lift barang dan lift penumpang memiliki tujuan utama yang sama. Prinsip dasar di balik fungsi lift adalah gerakan tersinkronisasi dari kabel traksi dan sistem penyeimbang yang sesuai dalam arah yang berlawanan. Jadi ketika kabel traksi bergerak ke atas komponen-komponen pembentuknya bergerak ke arah yang berlawanan.  Meskipun tujuan dan sistem dasarnya sama, lift barang dan lift […]

Kenali Electrik Pump yang Berfungsi untuk Sistem Pemadam Kebakaran

Electrik pump adalah perangkat mekanis berupa pompa yang digerakkan dengan tenaga listrik. Sistem pompa ini dapat diaplikasikan pada berbagai keperluan lain salah satunya untuk sistem pemadam kebakaran atau fire fighting system. Simak informasi di bawah ini mengenai electrik pump yang ada pada sistem pemadam kebakaran. Apa itu Electrik Pump? Pada umumnya perangkat ini digunakan untuk […]

Jockey Pump dan Fungsinya pada Instalasi Pemadam Kebakaran

Dalam sebuah sistem hydrant atau sistem pemadam kebakaran, ada tiga jenis pompa yang digunakan untuk mengatur aliran air yaitu pompa elektrik, pompa diesel, dan pompa jockey. Ketiga pompa ini mempunyai fungsi umum mengatur aliran air dari penampungan atau reservoir ke dalam gedung. Yang membedakan dari ketiga jenis pompa ini adalah intensitas air yang dialirkan. Pompa […]

Bagaimana kami membantu Anda ?
Hubungi
PT. Charis Bangun Indonesia
PT. Charis Bangun Indonesia merupakan perusahaan kontraktor mekanikal elektrikal plumbing (MEP). Kualitas dan hasil terbaik adalah komitmen kami.
© 2021 by PT. Charis Bangun Indonesia. Created by Grow&Bless
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram