logo pt. charis bangun indonesia

Ini Beda Konsultan MEP dan Kontraktor MEP

Desember 8, 2021

Pernahkah anda berpikir siapa pembuat desain mekanik dan listrik di suatu gedung? Banyak orang yang mengira bila desain mekanik dan elektrik dibuat oleh arsitek. Padahal arsitek hanya bertanggung jawab membuat desain bangunan saja. Sedangkan desain mekanik dan elektrik dibuat oleh konsultan MEP dan direalisasikan oleh kontraktor MEP. Dua profesi tersebut berbeda meski saling berkaitan dan juga mempunyai ruang lingkup pekerjaan yang berbeda pula.

Membuat desain mekanik dan elektrik gedung tentu bukan hal yang mudah. Tidak hanya mengutamakan desain yang praktis dan efisien, namun desain mekanik dan elektrik juga harus mempunyai sisi estetik. Lalu sebenarnya apa beda konsultan dan kontraktor MEP?

beda konsultan mep dan kontraktor mep

Apa itu MEP

Sebelum membahas tentang dua profesi ini, banyak orang yang masih belum memahami apa itu MEP. Mekanikal, elektrikal, plumbing adalah ruang lingkup pekerjaan MEP. MEP ini merupakan penyedia jasa yang berhubungan dengan konstruksi bangunan utamanya pemasangan mekanikal, elektrikal, dan plumbing. Biasanya MEP ini disingkat menjadi ME saja karena bagian plumbing biasanya sudah termasuk dalam bidang mekanikal. Bahkan dalam satu proyek, bidang mekanikal dan plumbing bisa saja dilakukan oleh satu orang. Bila mekanikal dan plumbing dibuat dua bidang berbeda, biasanya karena gedung mempunyai sistem perpipaan yang rumit. 

Desain MEP ini biasanya dibuat setelah desain arsitek selesai. Bila desain arsitek belum rampung, tentu saja akan sangat sulit untuk membuat desain MEP. Hal ini karena konsultan membutuhkan detail bangunan yang jelas misalnya tinggi dan lebar atap untuk menentukan jumlah dan letak lampu. 

Ruang lingkup pekerjaan mekanik biasanya sudah menjadi satu dengan plumbing. Namun secara umum pekerjaan mekanik menangani masalah perpipaan, ventilasi atau tata udara, pemadam kebakaran, kompressor, lift, elevator, eskalator, dan juga sistem gas untuk rumah sakit. Sedangkan lingkup pekerjaan elektrik meliputi alarm kebakaran, CCTV, telepon, internet, sistem keamanan, tata suara, dan sebagainya. Untuk lingkup pekerjaan plumbing biasanya meliputi sistem pipa air bersih dan kotor, pipa hydrant, pipa air hujan, dan sejenisnya. 

Tentang konsultan MEP dan kontraktor MEP

Dalam ruang lingkup MEP ini ada dua profesi yang serupa namun tak sama. Konsultan dan kontraktor MEP adalah dua profesi yang banyak membuat orang bingung. Secara sederhana, konsultan MEP adalah orang yang membuat contoh gambar MEP berdasarkan dengan permintaan klien. Konsultan ini juga memberikan saran profesional sesuai dengan pengalaman mereka tentang desain yang baik sesuai dengan kondisi desain bangunan. 

Kontraktor MEP adalah pihak yang merealisasikan gambar MEP pada gedung. Mereka menerapkan desain MEP yang diterima dari konsultan dan mengawasi jalannya penerapan konstruksi. Kontraktor ini bertanggung jawab atas konstruksi, pekerja, material yang dibutuhkan, dan juga pembangunan yang sesuai dengan jadwal. 

Baca Juga: Tips memilih Kontraktor MEP, Mekanikal Elektrikal Plumbing & ME Terbaik

Ruang lingkup konsultan MEP dan kontraktor MEP

Meski kedua profesi mempunyai deskripsi pekerjaan yang mirip, namun tanggung jawab yang dimiliki berbeda. Meskipun konsultan dan kontraktor sama-sama mempunyai pekerjaan mekanikal elektrikal namun anda perlu memahami perbedaanya agar tidak salah memilih. Berikut ini beberapa perbedaan ruang lingkup pekerjaan konsultan dan kontraktor MEP. 

Konsultan MEP

Secara umum, konsultan MEP bertanggung jawab dalam membuat perencanaan dan desain mekanikal elektrikal plumbing. Dalam perencanaan tersebut, konsultan membuat standar keamanan untuk sistem MEP dan evaluasi untuk setiap cabang. Konsultan juga membuat gambaran biaya sistem dan komponen MEP. Segala sesuatu yang berhubungan dengan perencanaan, pembuatan desain, dan analisa MEP menjadi ruang lingkup pekerjaan konsultan MEP.

Kontraktor MEP

Ruang lingkup pekerjaan kontraktor MEP ini secara umum adalah melaksanakan atau menerapkan desain yang sudah dibuat oleh konsultan. Kontraktor memastikan bila desain yang dibuat diterapkan dengan baik serta mengatasi halangan atau masalah yang mungkin muncul saat konstruksi berlangsung. Berikut ini beberapa job deskripsi kontraktor MEP.

  • Mengawasi jalannya konstruksi sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan.
  • Mencatat dan melaporkan bila ada masalah dengan konstruksi MEP.
  • Menghentikan proyek bila desain konstruksi MEP bermasalah dan tidak sesuai dengan standar atau membahayakan keselamatan dan kesehatan.
  • Mengawasi sistem perpipaan dan melakukan uji coba AC dan sistem mekanik. 

Memilih layanan konsultan dan kontraktor MEP

Ketika membangun rumah atau gedung tentu anda membutuhkan jasa konsultan dan kontraktor MEP. Namun bagaimana memilih konsultan dan kontraktor MEP yang baik? Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika memilih konsultan dan kontraktor MEP.

Reputasi – Jasa mekanikal dan elektrikal kini sudah banyak tersedia namun tidak semua memberikan pelayanan yang sama baik. Pilihlah jasa konsultan maupun kontraktor yang mempunyai reputasi baik. Anda bisa menilai seberapa baik reputasinya berdasarkan dengan review atau testimonial dari klien. Penyedia jasa konsultan dan kontraktor dengan reputasi yang baik biasanya memberikan pelayanan yang baik sehingga klien suka dengan hasil kerjanya. 

Tenaga kerja – selain reputasi, jasa mekanikal dan elektrikal juga harus mempunyai tenaga kerja yang berpengalaman. Tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya mampu menerjemahkan gambar desain dengan baik sehingga sistem mekanikal dan elektrikal juga bisa berfungsi dengan baik. Sebaliknya, tenaga kerja yang kurang berpengalaman mungkin saja membuat kesalahan ketika menerapkan gambar desain yang tentu bisa merugikan anda. 

Kelengkapan alat – selain tenaga kerja, jasa mekanikal dan elektrikal sebaiknya mempunyai peralatan yang lengkap. Peralatan yang lengkap ini sangat menunjang kelangsungan proyek sehingga pembangunan bisa diselesaikan tepat waktu. Bila peralatan yang dimiliki tidak lengkap, proyek akan terhambat atau tertunda karena kontraktor harus mencari alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Hal ini tentu akan membuat pembangunan menjadi lebih lama. 

Mudah dihubungi – tidak ada yang lebih baik selain komunikasi yang lancar dengan jasa mekanikal elektrikal. Pekerjaan mekanikal dan elektrikal ini sangat penting karena menentukan gedung bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Oleh karena itu, anda ingin memastikan bila pekerjaan mekanikal dan elektrikal ini diterapkan dengan baik sesuai dengan permintaan. Dengan komunikasi yang mudah, anda bisa memantau jalannya proyek dan juga memastikan semua kebutuhan konstruksi tercukupi. 

Menggunakan jasa kontraktor dan konsultan MEP sangat penting untuk menunjang fungsi gedung. Seberapapun megahnya gedung atau bangunan, bila fungsi elektrik dan mekanikalnya tidak memadai akan mengurangi fungsinya dan bahkan memicu kecelakaan. Oleh karena itu sangat penting untuk menggunakan jasa konsultan untuk membuat perencanaan desain mekanikal dan elektrikal dan juga menggunakan jasa kontraktor MEP untuk menerapkan desain yang sudah dibuat. Pastikan anda hanya menggunakan jasa mekanikal dan elektrikal yang terpercaya agar proses konstruksi berjalan dengan baik. Jasa mekanikal dan elektrikal yang baik tentu bisa merangkum permintaan anda dan mengubahnya menjadi desain yang luar biasa dan bila perlu memberikan saran dan solusi profesional sesuai dengan kondisi bangunan. 

Baca Artikel di Kategori Lainnya
Tentang Penulis
Cahyanto Waskita
Engineer, Writer
Cahyanto Waskita adalah penulis, insinyur, dan digital marketer dari PT. Charis Bangun Indonesia. Membagikan informasi mengenai Layanan Kontraktor Mekanikal Elektrikal. Menambah wawasan untuk masyarakat.

Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Lift Barang dan Penumpang

Lift barang dan lift penumpang memiliki tujuan utama yang sama. Prinsip dasar di balik fungsi lift adalah gerakan tersinkronisasi dari kabel traksi dan sistem penyeimbang yang sesuai dalam arah yang berlawanan. Jadi ketika kabel traksi bergerak ke atas komponen-komponen pembentuknya bergerak ke arah yang berlawanan.  Meskipun tujuan dan sistem dasarnya sama, lift barang dan lift […]

Kenali Electrik Pump yang Berfungsi untuk Sistem Pemadam Kebakaran

Electrik pump adalah perangkat mekanis berupa pompa yang digerakkan dengan tenaga listrik. Sistem pompa ini dapat diaplikasikan pada berbagai keperluan lain salah satunya untuk sistem pemadam kebakaran atau fire fighting system. Simak informasi di bawah ini mengenai electrik pump yang ada pada sistem pemadam kebakaran. Apa itu Electrik Pump? Pada umumnya perangkat ini digunakan untuk […]

Jockey Pump dan Fungsinya pada Instalasi Pemadam Kebakaran

Dalam sebuah sistem hydrant atau sistem pemadam kebakaran, ada tiga jenis pompa yang digunakan untuk mengatur aliran air yaitu pompa elektrik, pompa diesel, dan pompa jockey. Ketiga pompa ini mempunyai fungsi umum mengatur aliran air dari penampungan atau reservoir ke dalam gedung. Yang membedakan dari ketiga jenis pompa ini adalah intensitas air yang dialirkan. Pompa […]

Bagaimana kami membantu Anda ?
Hubungi
PT. Charis Bangun Indonesia
PT. Charis Bangun Indonesia merupakan perusahaan kontraktor mekanikal elektrikal plumbing (MEP). Kualitas dan hasil terbaik adalah komitmen kami.
© 2021 by PT. Charis Bangun Indonesia. Created by Grow&Bless
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram