logo pt. charis bangun indonesia

Kontraktor MEP, Mekanikal Elektrikal Plumbing, & ME Terbaik

Juli 13, 2021

Kontraktor mekanikal elektrikal plumbing, Mep dan Me merupakan jasa atau pekerjaan yang berhubungan dengan pemasangan sistem dalam gedung seperti pemipaan, alarm, sistem pemadam kebakaran, listrik, dll. 

Jasa ini sangat dibutuhkan untuk proyeksi instalasi dalam gedung baik skala kecil ataupun besar. Kontraktor mekanikal elektrikal plumbing dapat dengan baik membuat semua kebutuhan instalasi dengan sangat baik.

Instalasi yang dibuat dapat disesuaikan dengan konstruksi dari bangunan tanpa merusak ataupun mengubah struktur dari bangunan. 

kontraktor MEP

Kontraktor Mekanikal Elektrikal Plumbing, Mep, & Me Terbaik

Dalam suatu pembangunan gedung, dibutuhkan banyak komponen agar gedung tersebut bisa ditempati dan dioperasikan manusia. Mulai dari sistem mekanikal gedung, elektrikal hingga pemipaan yang mengelilingi bangunan gedung.

Untuk perakitan beberapa sistem instalasi tersebut, dibutuhkan kontraktor mekanikal elektrikal plumbing, mep, & me terbaik. Agar nantinya menghasilkan pekerjaan yang terstruktur, rapi serta aman dalam hal keselamatannya. Berikut ini akan dibahas mengenai jasa instalasi dari kontraktor mekanikal, elektrikal dan plumbing.

1. Kontraktor Mekanikal

Kontraktor mekanikal merupakan jasa instalator yang menangani proyek pemasangan berbagai komponen mesin-mesin berat dalam suatu bangunan. Dimana mesin-mesin tersebut berguna untuk membantu pekerjaan manusia setelah gedung jadi nantinya.

Kontraktor mekanikal memiliki peran penting dimana setelah gedung sudah setengah berjalan pada proses pembangunannya, seluruh sistem mekanis akan segera dipasangkan. Dimulai dari pemasangan fire fighting, sambungan telepon, lift, elevator, MVAC, serta ducting.

Dalam perannya, kontraktor mekanikal sangat membantu dalam instalasi sistem mekanis. Dimana anda juga perlu menemukan kontraktor ME yang handal dan berpengalaman.

Kontraktor mekanikal yang baik akan mengerjakan proyek dengan cepat, memiliki kelengkapan alat, mampu memasang sistem mekanikal secara massal serta memperhatikan standard keamanan dan keselamatan bangunan.

Berikut ini adalah pemetaan bagian dari instalasi mekanikal dalam suatu bangunan yang mampu dikerjakan oleh para kontraktor mekanikal.

  1. Sistem Fire Fighting

Sistem fire fighting atau sering dikenal sebagai pemadam kebakaran sangat dibutuhkan di dalam gedung. Fire fighting sendiri berguna sebagai sistem keamanan dan keselamatan, dan hal ini menjadi standard kelayakan pendirian bangunan. Pemasangan fire fighting yang baik yakni selalu ada di setiap ruangan bangunan.

  1. MVAC

MVAC merupakan singkatan dari mechanical ventilation and air conditioning ini berguna sebagai sistem sirkulasi udara dalam bangunan. Dimana komponen utamanya berupa instalasi AC sebagai penyejuk udara.

Instalasi MVAC yang sering digunakan pada bangunan-bangunan berupa chiller dan VRV. Dimana dalam hal ini bisa mendinginkan ruangan sesuai yang dibutuhkan pada bangunan.

  1. Ducting

Ducting merupakan bagian yang berguna sebagai ventilasi udara dalam bangunan. Ducting sendiri hampir menyerupai pipa untuk mengalirkan udara ke bagian lainnya. ducting menjadi bagian yang cukup penting. Ada beberapa jenis ducting untuk bangunan mulai dari ducting fresh air, exhaust, split duct dan AC central.

  1. Sistem Transportasi Dalam Gedung

Transportasi yang paling berguna didalam gedung yakni lift dan escalator. Lift merupakan transportasi angkut yang membentuk ruangan, yang menghubungkan antar lantai bangunan. Berbeda dengan escalator yang menyerupai anak tangga, tetapi dapat dijalankan dengan mesin mekanis.

3. Kontraktor Elektrikal

Kontraktor listrik atau elektrikal merupakan kontraktor yang menangani bagian instalasi listrik di suatu bangunan. Komponen elektrikal sangat penting bagi sebuah bangunan agar bangunan bisa memiliki fungsi untuk menghidupkan tenaga listrik dengan baik.

Elektrikal sendiri dalam instalasinya dalam bangunan tidak boleh sembarang orang. Tenaga elektrikal dituntut paham dan menguasai elemen-elemen instalasi listrik. Selain itu, ada beberapa komponen elektrikal penting yang wajib disematkan pada bangunan.

Mulai dari pemasangan listrik dengan daya yang rendah, pemasangan listrik daya menengah, memasang fire alarm, panel listrik, trafo, genset dan lain sebagainya. Berikut ini adalah pemetaan yang dibutuhkan dari instalasi elektrikal pada sebuah bangunan.

  1. Fire Alarm System

Fire alarm system merupakan sistem yang dibutuhkan sebagai pengingat adanya risiko kebakaran. Fire alarm ini umumnya dipasang dibagian langit-langit bangunan. Dimana akan mendeteksi hal-hal yang beresiko menyebabkan kebakaran. Mulai dari asap dalam gedung, temperature yang cukup tinggi serta adanya kebocoran gas.

  1. Instalasi CCTV

Sistem pemantauan dalam gedung sering menggunakan CCTV yang dapat diletakkan di sudut langit-langit ruangan. CCTV sangat berguna untuk merekam segala aktivitas yang terjadi dalam suatu ruangan. Komponen yang dibutuhkan dalam instalasi CCTV diantaranya ada kamera CCTV, DVR, serta monitor untuk pemantauan.

  1. Panel Listrik Bervoltase Rendah (LV)

Panel listrik dengan voltase yang rendah sangat dibutuhkan dalam suatu bangunan. Dimana panel listrik low voltage ini dapat dibagi untuk kebutuhan penyaluran tenaga listrik dengan konsumsi yang rendah. Misalnya untuk kebutuhan operasional gedung, menghidupkan peralatan elektronik dan sebagainya.

  1. Panel Listrik Bervoltase Sedang (MV)

Panel listrik dengan voltase yang sedang menjadi induk distributor tenaga listrik yang mengalirkannya pada panel listrik bervoltase rendah. MV ini disalurkan dari gardu PLN sekitar dimana memiliki tegangan yang cukup tinggi. Sehingga untuk instalasinya dibutuhkan tenaga elektrikal yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi.

3. Kontraktor Plumbing

Kontraktor plumbing merupakan jasa instalator yang menangani sistem pemipaan baik di dalam maupun diluar gedung. Plumbing sendiri berguna untuk mengatur aliran air, baik air bersih, air kotor maupun air hujan.

Dalam mengatur pemipaan, dibutuhkan jenis pipa dari berbagai bentuk. Mulai dari pipa berukuran kecil, sedang hingga pipa besar. Pipa pipa tersebut diatur sebaik mungkin oleh kontraktor plumbing yang telah berpengalaman.

Pengaturan plumbing sebisa mungkin memisahkan antara aliran air yang bersih dengan pembuangan air yang kotor. Dipisahkan juga dari tampungan air hujan, sehingga tercipta aliran sirkulasi air yang baik dan tidak tercemar.

Beberapa pemetaan bagian dari instalasi sistem plumbing bangunan oleh kontraktor plumbing dapat anda simak berikut ini. 

  1. Aliran Air Bersih

Aliran air bersih ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk dialirkan ke setiap bagian gedung. Misalnya dialirkan ke kran wastafel, kamar mandi ataupun bagian penting lainnya. Air bersih ini bersumber dari air PDAM ataupun air sumur yang dialirkan menggunakan pipa khusus aliran air bersih.

  1. Aliran Air Kotor

Aliran air kotor adalah aliran pembuangan limbah air yang telah tidak digunakan. Limbah air yang kotor ini akan dikumpulkan menjadi satu di suatu tempat, yakni bisa berupa septic tank atau sejenisnya. Pengumpulan limbah air kotor ini bertujuan agar air kotor tidak tercemar kemana-mana serta tidak mencampuri aliran air bersih.

  1. Aliran Air Hujan

Selanjutnya ada aliran air hujan yang dialirkan dari bagian atas gedung menuju ke bawah gedung. Air hujan memiliki sifat asam basa serta korosif. Pengaturan aliran air hujan juga berguna agar bangunan tidak tergenang oleh air. Instalasi pumbling untuk air hujan ini bisa berupa pipa besar yang diletakkan diberbagai sudut atas bangunan.

Pumbling yang dikerjakan oleh kontraktor MEP tidak hanya untuk mengatasi aliran air saja. Akan tetapi mengatur sistem aliran udara, pembuangan limbah pada bangunan dan penyaluran bahan bakar.

Selain itu, pumbling untuk sistem pemadam kebakaran juga berbeda fungsinya. Dalam hal ini, pihak kontraktor MEP akan mengaturnya dengan tenaga pumbling biasa dengan pumbling untuk pemadam kebakaran.

  1. Kontraktor HVAC

Kontraktor HVAC merupakan jasa instalator yang menangani bagian pemasangan pendingin ruangan. Beberapa bagian HVAC yang sering dikerjakan oleh kontraktor diantaranya instalasi chiller, cooling tower, VRF, VRV, AC konvensional dan lain sebagainya.

Pemasangan Heating, Ventilasi dan Air Conditioning berguna sebagai pemanas, pengatur udara dan penyejuk ruangan. Dimana cocok untuk dipasangkan di gedung-gedung seperti mall, supermarket, gedung perkantoran, rumah sakit, dan gedung-gedung lainnya.

Pemasangan HVAC oleh kontraktor mekanikal elektrikal plumbing, mep, & me terbaik juga mengacu pada standard keselamatan dan keamanan bangunan. Dimana elemen yang perlu diperhatikan pada instalasi HVAC diantaranya temperatur, kelembapan, kecepatan udara serta kebersihan udara. 

Peralatan yang dibutuhkan dalam instalasi HVAC mulai dari sistem plant yang terdiri dari pembangkit panas, chiller, tower pending dan pumbling. Tidak lupa pula adanya mesin AHU atau Air Handling Unit.

Alat yang dibutuhkan dalam instalasi HVAC juga ada sistem distribusi udara. Dimana terdiri dari filter udara, kipas udara serta adanya koil pendingin. Alat-alat inilah yang berperan untuk mengolah udara dalam bentu mesin AHU.

kontraktor MEP
  1. Sistem Pemadam Kebakaran (Fire Fighting)

Fire fighting merupakan sebuah sistem yang berguna untuk melindungi bangunan gedung dari bahaya kebakaran. Sistem fire fighting umumnya identik dengan warna merah, yang memudahkan para penghuni gedung untuk mengenalinya.

Fire fighting memiliki rancangan sistem yang khusus, dimana terdapat deteksi otomatis mengenai adanya risiko kebakaran. Misalnya sumber asap, sumber gas hingga tekanan temperatur yang tinggi dalam suatu bangunan.

Fire fighting dalam bangunan, terdapat 3 jenis yang wajib dipasangkan pada bangunan gedung. Mulai dari fire alarm, hydrant dan sprinkler. Ketiga jenis fire fighting ini tidak hanya untuk proteksi saja, melainkan harus dirawat setiap waktu.

Perawatan fire fighting dapat dilakukan secara berkala. Misalnya pengecekan terhadap fungsi otomatis mesin ketika risiko kebakaran terjadi, detector, sistem auto serta sistem manual. Instalasi fire fighting sendiri dibutuhkan beberapa komponen berupa pipa, selang, pompa, sparepart dan jenis komponen lainnya.

  1. Sistem Pemadam Kebakaran Hydrant

Sistem pemadam kebakaran hydrant merupakan sistem yang berguna untuk memadamkan kebakaran menggunakan media air sebagai pemadamnya. Dalam sistemnya, air berada dalam penampungan yang dapat dialirkan ketika kebakaran terjadi.

Sistem hydrant ini umumnya dipasangkan di berbagai jenis gedung public. Mulai dari gedung mall, supermarket, gedung perkantoran, gedung rumah sakit, hotel, pabrik dan gedung-gedung lainnya.

Pemasangan sistem hydrant yang dilakukan oleh para kontraktor fire fighting terdiri dari beberapa bagian. Diantaranya ada reservoir atau penyimpanan air dan juga pompa hydrant untuk memompa air dalam reservoir.

Cara kerjanya air dari reservoir dialirkan menuju kotak hydrant dan pilar hydrant yang telah terpasang di beberapa titik gedung ketika kebakaran terjadi. Air dari reservoir ini secara otomatis maupun manual mengalir melalui pumbling yang telah dirakit ketika pembangunan awal gedung tersebut.

  1. Sistem Pemadam Kebakaran Sprinkler

Sistem pemadam kebakaran splinkler merupakan salah satu jenis pemadam kebakaran yang sangat membantu penghuni gedung dalam upaya pemadaman api. Sistem sprinkler dirancang secara rapi serta memiliki detector otomatis ketika risiko kebakaran terjadi.

Sistem yang dirakit pada pemadam kebakaran sprinkler sudah termasuk canggih. Dimana ketika gedung tidak ada orang dan ada potensi kebakaran yang timbul, secara otomatis sprinkler akan menjalankan aksinya untuk memadamkan api.

Sistem kerjanya, terdapat smoke detector yang dapat aktif dengan sendirinya ketika temperatur ruangan mencapai 68 derajat Celsius. Terdapat pumbling yang dialiri air, akan mengeluarkan air secara otomatis ketika check valve ikut terbuka.

Air akan dikeluarkan dari pipa yang telah dipasangkan di setiap ruangan gedung. Sprinkler ini memiliki 3 klasifikasi yang dapat mengatasi bahaya kebakaran skala rendah, sedang hingga skala besar. 

Dalam instalasinya pada gedung-gedung, sistem sprinkler memiliki 5 jenis yang dapat dipilih untuk pemasangannya. Diantaranya ada sistem pipa basah, sistem pipa kering, deluge sistem, pre action sistem dan juga kombinasi pipa kering.

  1. Suppression System FM200

Sistem suppression FM200 merupakan salah satu jenis fire fighting yang dirancang memiliki sistem otomatis ketika kebakaran terjadi. Komponen utama dalam sistem suppression FM200 ini adalah gas untuk memadamkan api kebakaran.

Namun jangan salah, gas yang digunakan dalam FM200 ini bukanlah gas yang memicu timbulnya api. Justru gas yang digunakan adalah jenis clean agent gas dari formula Heptafluoropropane atau HFC-228ea.

Dalam suppression system FM200, terdiri dari beberapa perangkat. Mulai dari sistem alarm api, manual release station, lever operated control head, master control fire suppression, hingga alarm bell.

  1. Kelebihan Menggunakan Jasa Kontraktor MEP

Memilih jasa kontraktor MEP memang bukanlah hal yang mudah. Anda perlu mengecek perusahaan kontraktor MEP yang telah berpengalaman di bidangnya. Selain itu, kontraktor dapat mengatur kebutuhan mekanikal, elektrikal dan pumbling bangunan anda.

Penggunaan jasa kontraktor MEP memiliki keuntungan tersendiri. Dimana anda bisa memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan untuk konstruksi mekanis, listrik dan pemipaan.

Keuntungan lainnya yakni pengerjaan bangunan yang lebih terstruktur dan rapi karena dikerjakan oleh tenaga yang professional. Selain itu, kontraktor yang anda pilih pastinya juga paham dengan standar kelayakan mekanikal, elektrikal dan plumbing pada bangunan.

Proses instalasi mekanikal, elektrikal serta plumbing oleh jasa kontraktor juga bisa lebih cepat dan mudah. Karena umumnya mereka memiliki tenaga ahli yang telah berpengalaman menangani MEP.

  1. Jasa Kontraktor Mekanikal, Elektrikal, Plumbing

Apabila anda mencari jasa kontraktor mekanikal elektrikal, plumbing mep & me terbaik dan terpercaya, solusinya hanya di PT Charis Bangun Indonesia. Perusahaan ini sudah berpengalaman dalam menangani kebutuhan mekanikal, elektrikal, pemipaan serta fire fighting dalam pembangunan gedung.

Dalam operasionalnya PT Charis Bangun Indonesia memiliki 4 divisi utama yang menangani bidang mekanikal, elektrikal, fire fighting serta plumbing. Masing-masing divisi memiliki tenaga yang berkompeten dan kinerja yang baik.

Yang paling menarik dari PT Charis Bangun Indonesia, yakni menawarkan harga yang kompetitif dalam instalasi MEP. Hasil pengerjaan instalasi mekanikal elektrikal dan plumbing juga lebih professional.

PT Charis Bangun Indonesia memiliki kantor pusat yang beroperasi di kawasan Ruko Pusat Bisnis Daan Mogot Baru, Jalan Tampak Siring Raya Blok KJ-E 12A, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11830 yang buka setiap hari Senin – Jumat pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Demikian pembahasan mengenai kontraktor mekanikal elektrikal plumbing, mep, & me terbaik yang dapat anda ketahui. Solusi terbaik instalasi proyek mekanikal, elektrikal dan pemipaan hanya di PT Charis Bangun Indonesia.

Baca Artikel di Kategori Lainnya
Tentang Penulis
Cahyanto Waskita
Engineer, Writer
Cahyanto Waskita adalah penulis, insinyur, dan digital marketer dari PT. Charis Bangun Indonesia. Membagikan informasi mengenai Layanan Kontraktor Mekanikal Elektrikal. Menambah wawasan untuk masyarakat.

Artikel Lainnya

Pentingnya Jasa Kontraktor Fire Fighting untuk Gedung

Segala macam perangkat pemadam kebakaran untuk skala gedung harus dipasang secara tepat. Beberapa sistem pemadam kebakaran ataupun fire fighting menjadi kebutuhan utama agar keamanan sebuah gedung perkantoran, sampai pusat perbelanjaan, sampai gedung lain mampu terpenuhi. Diperlukan perhitungan dari memilih sebuah jasa kontraktor mekanikal dan elektrikal untuk dapat memasang fire fighting sistem lebih tepat. Meskipun bisa […]

Kontraktor MEP, Mekanikal Elektrikal Plumbing, & ME Terbaik

Kontraktor mekanikal elektrikal plumbing, Mep dan Me merupakan jasa atau pekerjaan yang berhubungan dengan pemasangan sistem dalam gedung seperti pemipaan, alarm, sistem pemadam kebakaran, listrik, dll.  Jasa ini sangat dibutuhkan untuk proyeksi instalasi dalam gedung baik skala kecil ataupun besar. Kontraktor mekanikal elektrikal plumbing dapat dengan baik membuat semua kebutuhan instalasi dengan sangat baik. Instalasi […]

Mengenal Fire Hydrant System (Sistem Pemadam Kebakaran Hidran)

Beberapa dari Anda mungkin ada yang sudah pernah melihat sistem pemadam kebakaran hydrant di gedung maupun di pinggir jalan kota. Sebab hydrant sangat membantu pemadam kebakaran untuk memadamkan api kebakaran dalam skala besar.Sebenarnya, setiap gedung dengan tinggi lebih dari 2 atau 3 lantai wajib dilengkapi dengan sistem fire hydrant sendiri. Contohnya seperti pada mall, hotel, […]

Bagaimana kami membantu Anda ?
Hubungi
PT. Charis Bangun Indonesia
PT. Charis Bangun Indonesia merupakan perusahaan kontraktor mekanikal elektrikal plumbing (MEP). Kualitas dan hasil terbaik adalah komitmen kami.
© 2021 by PT. Charis Bangun Indonesia. Created by Grow&Bless
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram